Pages

Wednesday, August 5, 2015

11 MAKANAN FANTASTIS UNTUK PROGRAM DIET



Menjalani program diet tak selamanya mulus dan lancar, selain harus mampu menghadapi godaan makan, Anda juga harus tau jenis makanan yang Anda konsumsi. Sebagian makanan ada yang mengandung kadar lemak dan gula yang tinggi, makanan seperti itu dapat merusak program diet Anda. Dilansir dari www.ba-bamail.com, berikut ini ada beberapa makanan yang dapat melawan lemak pada tubuh Anda secara alami, tentu ini sangat membantu untuk melancarkan program diet yang Anda jalani.

1. Yogurt Yunani
Yogurt sangat sering dipuji karena berbagai manfaat kesehatan yang dimilikinya, salah satunya adalah kekuatan pembakaran lemak. Yogurt Yunani mengandung lebih tinggi protein dibanding yogurt biasa, hal ini dapat menjadikan perut lebih lama merasa kenyang, ini benar-benar sangat membantu program diet Anda. Protein tidak hanya menekan perasaan lapar, protein juga mampu untuk membakar lebih banyak kalori pada tubuh Anda.

2. Quinoa
Quinoa adalah sejenis padi-padian yang berasal dari daerah Andean Amerika Selatan dan sudah menjadi makanan pokok masyarakat Indian sejak lama. Mengkonsumsi quinoa sebagai pengganti nasi adalah cara yang bagus untuk mendapatkan karbohidrat dalam diet pelangsing Anda. Selain kaya akan protein, quinoa juga mengandung nutrisi lain seperti zat besi, seng, selenium dan vitamin E yang penting untuk setiap program diet.

3. Kulit Kayu Manis
Ini bukan lagi rahasia bahwa cinnamon atau yang biasa disebut kulit kayu manis merupakan rempah-rempah yang paling sehat di luar sana. Kulit kayu manis terkenal karena kemampuannya untuk menstabilkan gula darah sehingga dapat mengurangi nafsu makan Anda, terutama bagi para penderita diabetes. Meskipun mungkin tidak semua orang menyukai rasanya, sangat dianjurkan untuk menambahkan kayu manis sebagai makanan dalam program diet Anda. Anda dapat menambahkan kayu manis ke dalam menu sarapan untuk mempermanis makanan yang Anda konsumsi.

4. Cabai
Anda mungkin tidak penggemar cabai, tapi kualitas pembakaran lemak cabai sangat luar biasa. Cabai mengandung senyawa yang disebut dengan capsaicin, senyawa ini sangat berfungsi untuk mengekang nafsu makan dan dapat mempercepat metabolisme Anda di waktu yang singkat. Meskipun cabai mungkin tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap penurunan berat badan, banyak ahli gizi dan dokter percaya bahwa ketika Anda mengkonsumsi makanan pedas, termasuk cabai, Anda cenderung makan lebih sedikit jika dibandingkan Anda mengkonsumsi makanan yang manis atau asin.

5. Grapefruit
Menambahkan grapefruit atau jeruk bali merah dalam menu sarapan Anda sangat bagus untuk menjalani program diet Anda, Anda juga bisa menjadikannya sebagai makanan ringan yang sehat. Jumlah kalori pada grapefruit sangat rendah tetapi serat larutnya sangat tinggi. Grapefruits tidak benar-benar membakar lemak tapi begitu mengisi perut Anda sehingga Anda merasa kenyang lebih lama.

6. Semangka
Semangka merupakan buah yang mengandung kadar air begitu banyak sehingga dapat mengambil lebih banyak ruang di perut Anda. Ketika Anda makan cukup semangka, tubuh Anda mengirimkan sinyal bahwa tubuh Anda tidak dapat mengambil lebih banyak makanan lagi dan Anda merasa kurang lapar. Semangka juga kaya akan sumber vitamin C, selain itu juga kaya akan antioksidan yang disebut lycopene, yaitu suatu zat yang telah terbukti dapat mencegah beberapa jenis kanker umum. Hanya saja Anda juga harus berhati-hati seberapa banyak Anda mengkonsumsi semangka, sebab semangka juga tinggi kadar gulanya.

7. Ubi Jalar
Mengkonsumsi ubi jalar sangat membantu program diet Anda karena ubi jalar juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Ubi jalar mengandung kalori yang rendah tapi kaya akan nutrisi lainnya seperti kalium, beta karoten, vitamin C dan serat yang cukup banyak.

8. Telur
Meskipun telur termasuk makanan yang mengandung kolesterol tinggi, tapi telur benar-benar salah satu makanan sehat bila dimakan secara proporsional. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa makan protein terutama telur dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama daripada jika Anda mengkonsumsi makanan berkarbohidrat. Satu butir telur hanya mengandung 75 kalori, tetapi juga memiliki 7 gram protein dan nutrisi penting lainnya yang dapat menjaga tubuh Anda tetap bertenaga.

9. Oatmeal
Satu hal yang pasti tentang oatmeal, mengkonsumsi oatmeal di pagi hari akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga kaya akan serat. Menurut sebagian ahli gizi, saat Anda menjalankan program diet, makanan panas lebih baik dikonsumsi karena membutuhkan waktu lebih lama untuk di makan, selain itu makanan hangat biasanya mengandung banyak cairan yang akan membantu Anda merasa kenyang. Oatmeal juga begitu mudah untuk disiapkan, Anda bisa menikmatinya dengan menambahkan kayu manis dan madu dalam oatmeal sarapan Anda.

10. Cuka
Menurut penelitian terbaru, menambahkan cuka untuk saus salad Anda benar-benar dapat membantu melawan sel-sel lemak, diyakini bahwa cuka memiliki bahan-bahan yang dapat membantu tubuh memecahkan lemak. Selain itu cuka juga penuh rasa dan membuat salad Anda terasa lebih memuaskan sehingga menjadikan Anda cepat puas dan tidak ingin tambah lagi.


11. Kacang
Kebanyakan orang menghindari kacang karena kandungan karbohidrat yang tinggi membuat mereka merasa lesu dan lelah. Keyakinan bahwa kacang adalah sumber karbohidrat sebenarnya adalah mitos.