Pages

Tuesday, April 28, 2015

KONSEP DASAR DAN PRINSIP UTAMA SEO



Konsep dasar dan prinsip utama SEO – Apapun yang kita lakukan dalam hidup ini harus ada konsep dasar dan prinsip utamanya. Konsep dasar artinya kita harus melakukan persiapan yang dalam bahasa manajemen dikenal dengan istilah perencanaan atau planning. Hal ini penting agar apa yang akan dilakukan tidak meleset. Sedangkan prinsip utama menunjuk nilai-nilai penting yang mencakup visi, misi dan tujuan kita melakukan sesuatu. Biar bagaimana pun dalam melakukan segala sesuatu pasti ada tantangan itu sebabnya perlu ada prinsip yang kuat. Dalam dunia blog pun kita dituntut supaya memiliki konsep dasar dan prinsip utama SEO dalam menciptakan sebuah situs blog. Secara khusus yang ingin ditegaskan di sini ialah tentang konsep dasar dan prinsip utama SEO berkaitan dengan situs nlog yang akan dibuat. Itu sebabnya, para blogger harus mengetahui konsep dasar dan prinsip utama SEO agar situs blog yang dibuat dapat diindeks oleh mesin pecari dan lebih khusus lagi situs blog yang dibuat bisa menempati halaman pertama search engine.

Konsep dasar SEO
Bagi para blogger, harus mengetahui konsep dasar dan prinsip utama SEO. Hal ini merupakan landasan, dasar dan pondasi penting yang wajib dan harus diketahui dan dikuasai oleh setiap blogger. Konsep dasar SEO ini merupakan pondasi yang bisa dibilang sangat wajib diketahui oleh pemula di dunia search engine optimization karena hal tersebut merupakan suatu hal yang harus dan diterapkan jika ingin menjadi ahli seo atau membuat situs berada pada halaman/posisi satu google dengan kata kunci yang sudah di target.

Dalam dunia SEO, konsep dasar SEO itu dikenal dua bagian. Kedua bagian dari konsep dasar SEO itu adalah On Page SEO dan Off Page SEO. Untuk mengerti kedua hal tersebut silahkan menyimak penjelasannya di bawah ini.

Yang Pertama adalah mendesign website Anda Internally agar Search Engine friendly. Artinya website Anda harus didesign yang bersahabat dengan Google. Agar nanti website Anda disenangi search engine tersebut. Itu akan meliputi navigasi (menu) yang baik, selalu ada minimal satu link untuk ke halaman yang anda buat, tidak juga terlalu banyak link yang berulang-ulang, website anda cepat loadingnya, Website Anda konsisten topiknya (kesesuaian antara Judul, Isi artikel, keywords dan description). Ini tidak sulit, bagi mereka yang sudah tau rahasianya.  Banyak sekali pemain internet marketing Indonesia yang telah menguasai hal ini. Kegiatan yang pertama ini sifatnya internal di website Anda, karena itulah sering juga disebut sebagai ON-PAGE Seo (kegiatan di halaman-halaman yang anda buat di website anda).

Yang Kedua adalah kegiatan OFF-PAGE Seo, artinya adalah kegiatan diluar web Anda, bagaimana agar website Anda banyak dibicarakan diluar sana, sehingga Search Engine menganggap website Anda sebagai “penting”. Jika website anda sudah internallay didesign bersahabat dengan search engine, dan juga banyak dibicarakan diluar (misalnya blog lain yang membicarakan website Anda) maka Search engine akan MENAIKKAN posisi webiste Anda di hasil pencarian oleh orang dengan kata kunci yang telah Anda buat diwebsite Anda. Misal orang mencari “belajar bisnis” dan topik tersebut ada di web Anda yang sudah SEO ready tadi maka website Anda akan berpotensi untuk berada di halaman-halaman depan hasil pencarian.

On Page SEO
1. Alamat dan domain blog (struktur dan kualitas)
2. Judul Blog (baik judul halaman induk maupun tiap artikel)
3. Deskripsi blog (baik halaman induk maupun tiap artikel)
4. sitemap
5. isi blog (baik frekuensi maupun kualitas dari isi blog)
6. Link yg terkandung di dlm blog (internal dan outbond link)

Off Page SEO
1. Backlink
On Page SEO
Alamat (URL) dan domain blog (struktur dan kualitas)
URL singkatan dari Uniform Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut
suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet (wikipedia). Sederhananya URL yaitu rangkaian huruf yang membentuk sebuah link yang menuju suatu halaman situs, contoh “http://www.resepgadogado1.blogspot.co” jadi URL ini sangat berpengaruh pada Search Engine Optimization.
Judul Blog/Title Tag (baik judul halaman induk maupun tiap artikel)
Title Tag sama seperti judul pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena
umumnya title tag ini dibaca oleh search engine, jika title tag tidak diganti atau sama
menyerupai judul posting maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu
judul posting tersebut.
Deskripsi blog (baik halaman induk maupun tiap artikel) / Meta Description
Meta descriptions adalah keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat
artikel postingan, agar meta description terlihat menggoda dan menarik trafik diperlukan
sebuah modifikasi yang bisa di lakukan langsung secara manual pada cms, dan dapat pula menggunakan bantuan Plugin SEO untuk Wordpress.

Sitemap
Sitemap atau peta situs adalah sebuah cara sederhana bagi para webmaster untuk
menginformasikan kepada search engine (Google misalnya) tentang halaman-halaman pada situs mereka yang bisa di crawl (di telusuri). Bentuk paling sederhana Sitemap adalah berupa file XML yang berisi daftar URL sebuah situs beserta metadata-nya masing-masing.

Metadata misalnya : kapan terakhir di-update, seberapa sering URL biasanya berubah, dan tingkat relatif keutamaannya terhadap URL lainnya. Metadata ini akan membantu search engine sehingga lebih mudah membaca dan menge-crawl situs. Web crawler biasanya menemukan halaman sebuah situs dari link-link di dalam situs itu sendiri, atau dari situs yang lain. Sebuah Sitemap menyediakan data-data link itu dan mengijinkan crawler yang mensupport Sitemap untuk menjelajah semua URL yang ada di dalamnya, lalu menganalisa masing- masing URL tersebut dengan menggunakan metadata yang menyertainya. Dengan Memasang Sitemap, Situs kita akan cepat terindex oleh google.
Isi blog (baik frekuensi maupun kualitas dari isi blog)
Salah satu faktor lain yang tidak kalah pentingnya adalah konten atau isi. Konten
blog yang original dan relevan dengan tema blog, keyword bahkan struktur domain
tentunya akan mempermudah mesin pencari untuk meng’index website tersebut. Selain itu frekuensi dari konten yang di terbitkan juga berpengaruh, sebagai contoh sebuah blog yang selalu update akan lebih mudah di index daripada blog yang jarang mengupdate konten nya.

Link yg terkandung di dlm blog (internal dan outbond link)
Istilah Link (Tautan) adalah sesuatu yang menghubungkan satu dengan yang lainnya.
Dalam dunia blogging aplikasinya bisa berupa; text link, gambar link, video link, dan lain
sebagainya. Jadi untuk istilah link ini lebih tepatnya “sesuatu yang bisa di klik”.

Inbound Link
Inbound link (link masuk) lebih sering disebut backlink atau link balik, adalah link yang
masuk ke sebuah situs web atau halaman web. Atau bisa diartikan link apapun yang
diterima oleh sebuah situs web. Contohnya alamat web kita akan dijadikan referensi oleh situs web lainnya.

Off Page SEO
Backlink
Off Page Search Engine Optimization adalah cara mengoptimisasi suatu halaman
dari luar situs (menggunakan backlink), “Apa itu Backlink?”. Backlink adalah Link dari
halaman situs kita yang berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai PR (Page Rank) yang tinggi.
Search Engine seperti Google sangat menyukai Backlink yang berkualitas yang
artinya Backlink dari situs authority atau situs yang dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi seperti Wikipedia, Twitter, WordPress, dan lain-lain.
Oleh karenanya suatu situs akan di angkat posisinya oleh google jika mempunyai
backlink dari situs authority tersebut, dan bahkan bisa menjadikan situs kita ranking tinggi dengan kata kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari situs yang berPR (Page Rank) tinggi.

“SEO itu bukan ilmu pasti” para praktisi SEO melakukan berbagai macam
eksperimen sesuai dengan pemahaman dan trik masing-masing. Oleh karena itu amat
sangat penting bagi rekan-rekan yang ingin mempelajari SEO untuk selalu dan terus
mengikuti perkembagan dari SEO itu sendiri serta Algoritma dari masing-masing mesin
pencari (Contohnya Google) yang terus berkembang dan selalu di perbaharui.