Konsep dasar dan prinsip
utama SEO – Apapun yang kita lakukan dalam hidup ini harus ada konsep dasar dan
prinsip utamanya. Konsep dasar artinya kita harus melakukan persiapan yang
dalam bahasa manajemen dikenal dengan istilah perencanaan atau planning. Hal ini
penting agar apa yang akan dilakukan tidak meleset. Sedangkan prinsip utama
menunjuk nilai-nilai penting yang mencakup visi, misi dan tujuan kita melakukan
sesuatu. Biar bagaimana pun dalam melakukan segala sesuatu pasti ada tantangan
itu sebabnya perlu ada prinsip yang kuat. Dalam dunia blog pun kita dituntut
supaya memiliki konsep dasar dan prinsip utama SEO dalam menciptakan sebuah situs
blog. Secara khusus yang ingin ditegaskan di sini ialah tentang konsep dasar
dan prinsip utama SEO berkaitan dengan situs nlog yang akan dibuat. Itu sebabnya,
para blogger harus mengetahui konsep dasar dan prinsip utama SEO agar situs
blog yang dibuat dapat diindeks oleh mesin pecari dan lebih khusus lagi situs blog
yang dibuat bisa menempati halaman pertama search engine.
Konsep
dasar SEO
Bagi para blogger, harus
mengetahui konsep dasar dan prinsip utama SEO. Hal ini merupakan landasan,
dasar dan pondasi penting yang wajib dan harus diketahui dan dikuasai oleh
setiap blogger. Konsep dasar SEO ini merupakan pondasi yang bisa dibilang
sangat wajib diketahui oleh pemula di dunia search engine optimization karena
hal tersebut merupakan suatu hal yang harus dan diterapkan jika ingin menjadi
ahli seo atau membuat situs berada pada halaman/posisi satu google dengan kata
kunci yang sudah di target.
Dalam dunia SEO, konsep
dasar SEO itu dikenal dua bagian. Kedua bagian dari konsep dasar SEO itu adalah
On Page SEO dan Off Page SEO. Untuk mengerti kedua hal tersebut silahkan
menyimak penjelasannya di bawah ini.
Yang
Pertama adalah mendesign website Anda Internally agar Search
Engine friendly. Artinya website Anda harus didesign yang bersahabat dengan
Google. Agar nanti website Anda disenangi search engine tersebut. Itu akan
meliputi navigasi (menu) yang baik, selalu ada minimal satu link untuk ke
halaman yang anda buat, tidak juga terlalu banyak link yang berulang-ulang,
website anda cepat loadingnya, Website Anda konsisten topiknya (kesesuaian
antara Judul, Isi artikel, keywords dan description). Ini tidak sulit, bagi
mereka yang sudah tau rahasianya. Banyak sekali pemain internet marketing
Indonesia yang telah menguasai hal ini. Kegiatan yang pertama ini sifatnya
internal di website Anda, karena itulah sering juga disebut sebagai ON-PAGE Seo
(kegiatan di halaman-halaman yang anda buat di website anda).
Yang
Kedua adalah
kegiatan OFF-PAGE Seo, artinya adalah kegiatan diluar web Anda, bagaimana agar
website Anda banyak dibicarakan diluar sana, sehingga Search Engine menganggap
website Anda sebagai “penting”. Jika website anda sudah internallay didesign
bersahabat dengan search engine, dan juga banyak dibicarakan diluar (misalnya
blog lain yang membicarakan website Anda) maka Search engine akan MENAIKKAN
posisi webiste Anda di hasil pencarian oleh orang dengan kata kunci yang telah
Anda buat diwebsite Anda. Misal orang mencari “belajar bisnis” dan topik
tersebut ada di web Anda yang sudah SEO ready tadi maka website Anda akan
berpotensi untuk berada di halaman-halaman depan hasil pencarian.
On Page SEO
1. Alamat dan domain blog
(struktur dan kualitas)
2. Judul Blog (baik judul
halaman induk maupun tiap artikel)
3. Deskripsi blog (baik
halaman induk maupun tiap artikel)
4. sitemap
5. isi blog (baik frekuensi
maupun kualitas dari isi blog)
6. Link yg terkandung di dlm
blog (internal dan outbond link)
Off Page SEO
1. Backlink
On Page SEO
Alamat (URL) dan domain blog
(struktur dan kualitas)
URL singkatan dari Uniform
Resource Locator, adalah rangkaian karakter menurut
suatu format standar
tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen
dan gambar di Internet (wikipedia). Sederhananya URL yaitu rangkaian huruf yang
membentuk sebuah link yang menuju suatu halaman situs, contoh “http://www.resepgadogado1.blogspot.co”
jadi URL ini sangat berpengaruh pada Search Engine Optimization.
Judul Blog/Title Tag (baik
judul halaman induk maupun tiap artikel)
Title Tag sama seperti judul
pada suatu posting/artikel tetapi berbeda, karena
umumnya title tag ini dibaca
oleh search engine, jika title tag tidak diganti atau sama
menyerupai judul posting
maka yang muncul pada search engine sebagai title tag yaitu
judul posting tersebut.
Deskripsi blog (baik halaman
induk maupun tiap artikel) / Meta Description
Meta descriptions adalah
keterangan dari suatu halaman berdasarkan dari kalimat
artikel postingan, agar meta
description terlihat menggoda dan menarik trafik diperlukan
sebuah modifikasi yang bisa
di lakukan langsung secara manual pada cms, dan dapat pula menggunakan bantuan Plugin
SEO untuk Wordpress.
Sitemap
Sitemap atau peta situs
adalah sebuah cara sederhana bagi para webmaster untuk
menginformasikan kepada
search engine (Google misalnya) tentang halaman-halaman pada situs mereka yang
bisa di crawl (di telusuri). Bentuk paling sederhana Sitemap adalah berupa file
XML yang berisi daftar URL sebuah situs beserta metadata-nya masing-masing.
Metadata misalnya : kapan
terakhir di-update, seberapa sering URL biasanya berubah, dan tingkat relatif
keutamaannya terhadap URL lainnya. Metadata ini akan membantu search engine
sehingga lebih mudah membaca dan menge-crawl situs. Web crawler biasanya
menemukan halaman sebuah situs dari link-link di dalam situs itu sendiri, atau
dari situs yang lain. Sebuah Sitemap menyediakan data-data link itu dan
mengijinkan crawler yang mensupport Sitemap untuk menjelajah semua URL yang ada
di dalamnya, lalu menganalisa masing- masing URL tersebut dengan menggunakan
metadata yang menyertainya. Dengan Memasang Sitemap, Situs kita akan cepat
terindex oleh google.
Isi blog (baik frekuensi maupun
kualitas dari isi blog)
Salah satu faktor lain yang
tidak kalah pentingnya adalah konten atau isi. Konten
blog yang original dan
relevan dengan tema blog, keyword bahkan struktur domain
tentunya akan mempermudah
mesin pencari untuk meng’index website tersebut. Selain itu frekuensi dari
konten yang di terbitkan juga berpengaruh, sebagai contoh sebuah blog yang selalu
update akan lebih mudah di index daripada blog yang jarang mengupdate konten
nya.
Link yg terkandung di dlm
blog (internal dan outbond link)
Istilah Link (Tautan) adalah
sesuatu yang menghubungkan satu dengan yang lainnya.
Dalam dunia blogging
aplikasinya bisa berupa; text link, gambar link, video link, dan lain
sebagainya. Jadi untuk
istilah link ini lebih tepatnya “sesuatu yang bisa di klik”.
Inbound Link
Inbound link (link masuk)
lebih sering disebut backlink atau link balik, adalah link yang
masuk ke sebuah situs web
atau halaman web. Atau bisa diartikan link apapun yang
diterima oleh sebuah situs
web. Contohnya alamat web kita akan dijadikan referensi oleh situs web lainnya.
Off Page SEO
Backlink
Off Page Search Engine
Optimization adalah cara mengoptimisasi suatu halaman
dari luar situs (menggunakan
backlink), “Apa itu Backlink?”. Backlink adalah Link dari
halaman situs kita yang
berada pada halaman situs orang lain yang mempunyai PR (Page Rank) yang tinggi.
Search Engine seperti Google
sangat menyukai Backlink yang berkualitas yang
artinya Backlink dari situs
authority atau situs yang dipercayai Google dan mempunyai PR yang tinggi
seperti Wikipedia, Twitter, WordPress, dan lain-lain.
Oleh karenanya suatu situs
akan di angkat posisinya oleh google jika mempunyai
backlink dari situs
authority tersebut, dan bahkan bisa menjadikan situs kita ranking tinggi dengan
kata kunci yang di target jika mendapatkan backlink dari situs yang berPR (Page
Rank) tinggi.
“SEO itu bukan ilmu pasti”
para praktisi SEO melakukan berbagai macam
eksperimen sesuai dengan
pemahaman dan trik masing-masing. Oleh karena itu amat
sangat penting bagi
rekan-rekan yang ingin mempelajari SEO untuk selalu dan terus
mengikuti perkembagan dari
SEO itu sendiri serta Algoritma dari masing-masing mesin
pencari (Contohnya Google)
yang terus berkembang dan selalu di perbaharui.