Resep efektif menaikan CTR iklan di blog – Setiap blogger yang blognya terpasang iklan
atau dipasang iklan berbayar dari pihak lain, contohnya iklan google adsense
yang dibayar per kliknya, tentu punya keinginan dan harapan supaya hasil klik
iklan di blognya meningkat dari waktu ke waktu. Namun, faktanya menunjukkan
bahwa apa yang terjadi tidak sesuai dengan harapan. Lalu berbagai cara
dilakukan, misalnya dengan klik iklan sendiri, tapi cara ini bukannya untung malah
bunting. Itu sebabnya banyak dari para blogger yang terlibat dalam iklan google
adsense terus berusaha untuk menemukan resep efektif menaikan CTR iklan di blognya.
Tinggi-rendahnya penghasilan online dari blog amat bergantung pada CTR (Click Through Rate) yang didapat.
Sebut saja Anda menggunakan iklan berbasis PPC
(Pay Per Click), maka volume besar-rendahnya earning Anda sangat bergantung
pada CTR.
Jaringan periklanan
manapun yang Anda pilih, CTR akan
menjadi ukuran volume pernghasilan Anda. Baik itu PPC Google, Chitika, Infolink, Adversal, maupun jaringan periklanan online lainnya. Tidak ada
patokan, berapa besaran CTR yang
harus didapat, namun idealnya CTR iklan tidak kurang dari 1%. Tinggi-rendahnya
CTR bergantung pada sejumlah hal, dan berikut ini disajikan resep efektif menaikan CTR iklan di blog
yang sudah terbukti sangat efektif.
Kualitas artikel yang ditulis.
Hal pertama yang harus
dipahami dan dimengerti oleh setiap blogger yang terlibat dalam sebuah iklan
berbayar, adalah kualitas artikel yang dibuat atau ditulis lalu diposting. Artikel
bermutu tidak hanya baik dari sisi bounce rate, artikel bermutu juga akan
mendorong terjadinya aktivitas tertentu oleh pembaca blog, diantaranya adalah
mengklik iklan. Semakin bermutu artikel yang ada di blog Anda, maka hal ini
akan mendorong pembaca untuk berlama-lama di blog Anda, dan secara teknis
hal tersebut akan mempengaruhi tinggi-rendahnya CTR iklan yang Anda pasang
di blog.
Posisi iklan.
Hal kedua yang juga sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap
blogger ialah penemptana posisi iklan di blog. Posisi iklan yang strategis di
blog memiliki peluang besar untuk di klik oleh pengunjung blog. Merujuk pada
poin penempatan posisi iklan yang paling tepat yakni berada pada ruang dimana
para pembaca blog memfokuskan diri. Ruang tersebut tidak lain adalah halaman
artikel. Tujuanpengunjung mendatangi blog Anda tidak lain adalah
untuk mendapatkan bimbingan melalui artikel tutorial atau untuk mendapatkan
informasi yang mereka butuhkan, dan secara logis, penglihatan mereka akan
terfokus pada area ruang artikel. Jadikan halaman artikel sebagai ruang utama
untuk penempatan iklan, dengan demikian CTR yang didapat cendrung mencapai
titik maksimal.
Desain iklan
Hal ketiga yang patut
juga diperhatikan oleh setiap blogger ialah desain iklan. Bagi para blogger
yang mengikuti program google adsense memang sudah ada aturan main soal desain dan
ukuran iklan. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya dengan iklan google
adsense, maka desain yang sudah ada di google adsense sangat tepat. Biarkan
saja tidak usah dirubah karena desain iklan sudah natural dan cocok dengan blog
yang kita miliki. Jika memungkinkan, lakukan penyuntingan terhadap tampilan
atau desain iklan. Klik terjadi didasari oleh sejumlah hal, dan satu diataranya
dipicu oleh tampilan iklan. Buatlah desain iklan di blog Anda menjadi
lebih menarik dengan kandungan teks/pesan yang berpotensi mampu
menggugah pembaca untuk mengklik iklan.
Template blog
Hal keempat yang juga
harus diperhatikan oleh setiap blogger ialah template blog. Secara khusus yang
terlibat dengan iklan google adsense. Sekarang ini google lebih mengutamakan
blog dengan desain template yang friendly dengan mobile. Hal ini dipicu oleh
semakin meluasnya masyarakat dunia menggunakan gadget pintar, sehingga pangsa
pasar iklan berpotensi untuk meraih keuntungan yang besar dari iklan adsense yang
dimuat di blog.
Desain template blog sangat mempengaruhi CTR iklan. Meskipun CTR tinggi
bisa didapat dengan cara menempatkan iklan di area artikel, namun desain template blog juga akan memberi
andil. Desain template blog yang menyulitkan pembaca atau terlalu banyak
widget akan memperkecil potensi terjadinya klik pada iklan, sehingga Anda perlu
untuk me-redesign template hingga terlihat lebih rapi. Selain itu, pastikan
juga loading blog Anda relatif cepat agar para pengunjung merasa lebih
nyaman saat berada di blog Anda. Baca juga resep gado-gado ini: MANFAAT EFEKTIF SEO BAGI BLOG DAN WEBSITE