Pages

Thursday, May 14, 2015

RESEP EFEKTIF MENAIKAN CTR IKLAN DI BLOG



Resep efektif menaikan CTR iklan di blog – Setiap blogger yang blognya terpasang iklan atau dipasang iklan berbayar dari pihak lain, contohnya iklan google adsense yang dibayar per kliknya, tentu punya keinginan dan harapan supaya hasil klik iklan di blognya meningkat dari waktu ke waktu. Namun, faktanya menunjukkan bahwa apa yang terjadi tidak sesuai dengan harapan. Lalu berbagai cara dilakukan, misalnya dengan klik iklan sendiri, tapi cara ini bukannya untung malah bunting. Itu sebabnya banyak dari para blogger yang terlibat dalam iklan google adsense terus berusaha untuk menemukan resep efektif menaikan CTR iklan di blognya. Tinggi-rendahnya penghasilan online dari blog amat bergantung pada CTR (Click Through Rate) yang didapat. Sebut saja Anda menggunakan iklan berbasis PPC (Pay Per Click), maka volume besar-rendahnya earning Anda sangat bergantung pada CTR.

Jaringan periklanan manapun yang Anda pilih, CTR akan menjadi ukuran volume pernghasilan Anda. Baik itu PPC Google, Chitika, Infolink, Adversal, maupun jaringan periklanan online lainnya. Tidak ada patokan, berapa besaran CTR yang harus didapat, namun idealnya CTR iklan tidak kurang dari 1%. Tinggi-rendahnya CTR bergantung pada sejumlah hal, dan berikut ini disajikan resep efektif menaikan CTR iklan di blog yang sudah terbukti sangat efektif.

Kualitas artikel yang ditulis.
Hal pertama yang harus dipahami dan dimengerti oleh setiap blogger yang terlibat dalam sebuah iklan berbayar, adalah kualitas artikel yang dibuat atau ditulis lalu diposting. Artikel bermutu tidak hanya baik dari sisi bounce rate, artikel bermutu juga akan mendorong terjadinya aktivitas tertentu oleh pembaca blog, diantaranya adalah mengklik iklan. Semakin bermutu artikel yang ada di blog Anda, maka hal ini akan mendorong pembaca untuk berlama-lama di blog Anda, dan secara teknis hal tersebut akan mempengaruhi tinggi-rendahnya CTR iklan yang Anda pasang di blog.

Posisi iklan.
Hal kedua yang juga sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap blogger ialah penemptana posisi iklan di blog. Posisi iklan yang strategis di blog memiliki peluang besar untuk di klik oleh pengunjung blog. Merujuk pada poin penempatan posisi iklan yang paling tepat yakni berada pada ruang dimana para pembaca blog memfokuskan diri. Ruang tersebut tidak lain adalah halaman artikel. Tujuanpengunjung mendatangi blog Anda tidak lain adalah untuk mendapatkan bimbingan melalui artikel tutorial atau untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, dan secara logis, penglihatan mereka akan terfokus pada area ruang artikel. Jadikan halaman artikel sebagai ruang utama untuk penempatan iklan, dengan demikian CTR yang didapat cendrung mencapai titik maksimal.

Desain iklan
Hal ketiga yang patut juga diperhatikan oleh setiap blogger ialah desain iklan. Bagi para blogger yang mengikuti program google adsense memang sudah ada aturan main soal desain dan ukuran iklan. Berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya dengan iklan google adsense, maka desain yang sudah ada di google adsense sangat tepat. Biarkan saja tidak usah dirubah karena desain iklan sudah natural dan cocok dengan blog yang kita miliki. Jika memungkinkan, lakukan penyuntingan terhadap tampilan atau desain iklan. Klik terjadi didasari oleh sejumlah hal, dan satu diataranya dipicu oleh tampilan iklan. Buatlah desain iklan di blog Anda menjadi lebih menarik dengan kandungan teks/pesan yang berpotensi mampu menggugah pembaca untuk mengklik iklan.

Template blog
Hal keempat yang juga harus diperhatikan oleh setiap blogger ialah template blog. Secara khusus yang terlibat dengan iklan google adsense. Sekarang ini google lebih mengutamakan blog dengan desain template yang friendly dengan mobile. Hal ini dipicu oleh semakin meluasnya masyarakat dunia menggunakan gadget pintar, sehingga pangsa pasar iklan berpotensi untuk meraih keuntungan yang besar dari iklan adsense yang dimuat di blog.

Desain template blog sangat mempengaruhi CTR iklan. Meskipun CTR tinggi bisa didapat dengan cara menempatkan iklan di area artikel, namun desain template blog juga akan memberi andil. Desain template blog yang menyulitkan pembaca atau terlalu banyak widget akan memperkecil potensi terjadinya klik pada iklan, sehingga Anda perlu untuk me-redesign template hingga terlihat lebih rapi. Selain itu, pastikan juga loading blog Anda relatif cepat agar para pengunjung merasa lebih nyaman saat berada di blog Anda. Baca juga resep gado-gado ini: MANFAAT EFEKTIF SEO BAGI BLOG DAN WEBSITE