Pages

Thursday, May 14, 2015

RESEP EFEKTIF ATASI CTR IKLAN RENDAH



Resep efektif atasi CTR iklan rendah – Setiap blogger tentu akan sedih bila CTR iklannya rendah. Click Through Rate atau CTR merupakan salah satu barometer untuk mengukur tingkat keberhasilan Anda sebagai penerbit iklan berbasis Pay Per Click (PPC). CTR rendah akan berdampak pada penyusutan penghasilan online Anda dalam jumlah yang sangat besar. Sebelumnya saya sudah sempat publish artikel Resep Efektif Menaikan CTR Iklan Di Blog, dan tulisan kali ini akan disajikan resep efektif atasi CTR iklan rendah berdasarkan pengamatan dan pengalaman mengikuti perkembangan CTR iklan di blog yang saya kelola seperti iklan google adsense. Banyak faktor yang mempengaruhi tinggi-rendahnya klik pada iklan. Masing-masing aspek saling memberi peran di balik sedikit-banyaknya klik yang didapat. Dan berikut ini beberapa resep efektif atasi CTR iklan rendah atau low CTR yang dapat diterapkan demi memperbaiki volume CTR iklan di blog Anda.

Pakailah template High CTR
Template ibarat baju yang kita kenakan. Baju yang kita merupakan tampilan pertama yang bisa dilihat orang. Bila tata busana yang kita kenakan baik, maka orang pun secara psikologis akan tertarik memandang kita. Demikian juga dengan blog. Template memiliki peran penting dalam menentukan besaran CTR. Untuk bisa mendapatkan CTR dalam jumlah yang ideal, gunakan template high CTR. Selain menggunakan template high CTR, pastikan juga Anda membuang semua widget yang tidak penting. Selain hanya akan memperberat loading blog, terlalu banyak memasang widget juga akan mempengaruhi CTR iklan.

Posisi iklan yang strategis
Posisi iklan yang strategis di blog sangat menentukan besar-kecil CTR iklan. Oleh karena itu, bagi para blogger jangan abaikan letak iklan di blog. Ketika salah menempatkan posisi iklan, maka CTR iklan dipastikan sangat rendah. Selain dipengaruhi desain template, CTR rendah juga disebabkan oleh posisi iklan yang kurang tepat. Posisi iklan terbaik (ad network apapun yang Anda gunakan) berada pada laman artikel. Jadikan halaman artikel sebagai tempat pemasangan iklan primer guna bisa mendapatkan CTR dalam jumlah yang maksimal.

Loading blog yang cepat
Untuk bisa mendapatkan CTR tinggi, pastikan loading blog Anda relatif cepat. Loading blog lambat akan memicu pengunjung untuk meninggalkan halaman blog dalam rentang waktu singkat. Mereka (pengunjung) akan merasa cukup terganggu dengan waktu muat blog yang lamban, terlebih lagi jika mereka menggunakan koneksi internet dial-up yang rata-rata kecepatannya cukup rendah. Oleh karena itu, para blogger berusaha sedemikian rupa agar blognya sangat mudah dikunjungi oleh pengunjung. Semakin cepat loading sebuah blog, maka semakin disukai oleh pengungjung. Dan semakin blog kita disukai oleh pengunjung, maka ia akan selalu berkunjung ke blog kita. Otomatis hal tersebut akan mempengaruhi CTR iklan di blog kita.

 Aturlah desain iklan
Salah satu faktor yang mendorong pengunjung untuk mengklik iklan dipicu oleh tampilan iklan. Semakin menarik tampilan iklan, maka ia semakin mendorong pengunjung untuk menindaklanjuti obyek (iklan) tersebut. Klik iklan terjadi didasari oleh sejumlah faktor, dan salah satunya adalah desain iklan tersebut. Ini berlaku bagi iklan yang desainnya bisa dirubah. Tapi iklan yang tidak boleh dirubah desainnya termasuk juga ukurannya. Contohnya iklan google adsense yang dalam peraturannya melarang siapapun yang terlibat dengan iklan google adsense untuk tidak merubah ukuran dan desain iklannya.

Buat artikel bermutu
Artikel berkualitas tidak hanya memberi andil pada praktik SEO. Artikel berkualitas juga akan ikut menentukan seberapa banyak klik iklan. Hindari menerbitkan artikel asal tulis, karena hal tersebut akan membuat para pengunjung blog Anda merasa tidak terbantu dengan tulisan Anda. Buatlah artikel yang bermanfaat bagi pembaca, dengan demikian mereka akan meluangkan lebih banyak waktu di blog Anda.

Bedakan letak posisi gambar dan letak iklan
Penempatan gambar dalam artikel harus berbeda dengan iklan. Letakkan gambar pada sudut yang terpisah (tidak berdampingan) dengan iklan agar tidak membingungkan pembaca untuk mengenali mana yang gambar dan mana yang iklan. Bedakan ukuran gambar dan ukuran iklan agar para pengunjung bisa lebih mudah untuk mengenali mana banner iklan dan mana gambar.

Pasanglah jumlah iklan sesuai kebutuhan
Ada banyak para blogger yang memasang iklan melampaui kebtuhan blog. Ini dulu pengalaman saya. Guna mendapatkan hasil yang banyak dari iklan di blog, maka saya pasang iklan sebanyak-banyaknya. Mulai iklan google adsense, iklan chitika, iklan infolink, iklan sitti, semua iklan itu di satu blog. Apa yang terjadi, blog saya loading jadi lama, dan hasilnya nihil.

Pemasangan iklan dalam jumlah yang banyak tidak selalu memberi hasil positif. Batasi pemasangan iklan di blog agar tidak menganggu pandangan pembaca. Ingat, klik iklan harus terjadi secara natural, dan penempatan iklan dalam jumlah yang tidak wajar tidak akan membuka peluang bagi pengunjung untuk mengklik iklan, mereka justru akan meninggalkan blog Anda lebih cepat karena merasa terganggu dengan banyaknya banner iklan. Baca juga resep gado-gado ini: KONSEP DASAR DAN PRINSIP UTAMA SEO.