6. Ego bait. Saya kebingungan untuk
menerjemahkan istilah ego bait ke dalam Bahasa Indonesia
karena tidak ada istilah yang pas. Teknik ini memanfaatkan psikologi manusia.
Caranya dengan membahas
mengenai seseorang/usaha/organisasi dalam konten yang kita buat. Harapannya
mereka akan menyadari ‘umpan’ dari anda, merasa senang/bangga, kemudian
mempromosikan konten anda di websitenya dalam bentuk link maupun mention di
social media. Ada beberapa contoh penerapan ego bait:
Membuat
konten berbentuk daftar kumpulan website, misalnya “20 blog kesehatan
terbaik di Indonesia”. Membuat konten daftar artikel terbaik dalam suatu topik
Membahas spesifik mengenai
kesuksesan/kisah orang tertentu dalam satu artikel
Bisa juga dengan badge/award
seperti yang saya lakukan beberapa waktu lalu.
Pastikan konten anda
positif, berkualitas, dan/atau bermanfaat bagi orang lain. Dengan memenuhi
kriteria ini maka anda bisa membuat egobait yang efektif. Setelah artikel
diterbitkan, hubungi via email supaya mereka langsung menyadari.
Kalau anda ingin membuat
artikel atau konten yang mengandung ego bait, manfaatkan 6 elemen pemicu popularitas ini.
Ego bait vs. Link bait
Dua istilah yang mirip tapi
berbeda. Seperti penjelasan di atas, dengan ego bait berarti kita memancing
perasaan (senang/bangga) dari orang lain.
Link bait agak berbeda: Link
bait artinya kita membuat konten dalam bentuk apapun yang mampu mengundang
perhatian banyak orang sekaligus sehingga potensi mendapat backlink jadi
tinggi.
Ada beberapa
bentuk penerapan link bait: Artikel kontroversial yang jadi pembicaraan
banyak orang. Konten interaktif yang bermanfaat atau bisa membuat orang
terhibur, misalnya kalkulator, game, atau kuis. Artikel yang merupakan
penjelasan atau opini dari sebuah berita yang sedang populer
7. Manfaatkan content sharing platform
Social bookmark merupakan
salah satu content sharing platform yang sering diincar oleh pemilik website
baru. Tapi masih ada jenis content sharing platform yang lainnya seperti: SlideShare –
konten presentasi; YouTube & Vimeo –
video; Medium –
artikel
Kompasiana –
artikel, Indonesia; Lintas.me, VIVAlog –
social bookmark, Indonesia
Reddit –
social bookmark
Beberapa website di atas
memang sifatnya nofollow, mereka sudah punya basis audiens sendiri, kita
bisa “menumpang” untuk langsung mendapatkan pembaca.
Sama sekali tidak rugi. Meskipun
mungkin tidak memberi manfaat SEO secara langsung tetapi merupakan media yang
sangat efektif untuk mempromosikan konten. Selain berupa link, anda akan
mendapat pengunjung. Tapi backlinknya belum tentu terhitung berkualitas. Tergantung
dari respon orang lain. Kalau konten anda disana mendapat respon baik dari
penggunanya misalkan berupa komentar, like, atau sharing, barulah link anda
tergolong backlink yang berkualitas. Maka dari itu jangan melakukan spam. Posting
spam di situs-situs tersebut biasanya langsung tenggelam karena tidak
akan ada orang yang tertarik. Lebih baik mengirim 1 konten berkualitas daripada
1000 konten spam.
8. Membuat konten viral
Kalau anda adalah orang yang
kreatif dalam membuat gambar, video, atau musik, coba buat yang berpotensi
menjadi viral. Konten yang populer akan mendapat ledakan pengunjung, jumlah
share ke social media meningkat drastis, dan tentunya anda akan mendapatkan
backlink. Seringkali 1 konten viral sudah cukup untuk membuat sebuah website
jadi populer. Infografis merupakan salah satu bentuk konten yang lebih mudah
menjadi viral dibandingkan artikel biasa. Pastikan website anda social
media-friendly dengan cara menggunakan gambar/foto yang menarik, memasang
tombol sharing, serta menggunakan meta Open Graph dan Twitter cards.
9. Forum marketing
Bagi seorang pemilik website
yang terobsesi dalam mencari backlink, forum biasanya dijadikan tempat spam. Itu cara
yang salah. Forum pada dasarnya merupakan wadahnya orang-orang yang ingin
belajar. Kalau salah satu konten anda bisa membantu proses belajar mereka,
manfaatkan kesempatan ini untuk mempromosikan website. Selain mendapatkan
backlink dan pengunjung, reputasi website anda juga akan terbangun. Awas: ini
forum marketing, bukan forum spamming. Jadi jangan promosikan website anda
langsung. Lakukan ini: Temukan forum yang sesuai dengan topik utama anda. Buat
akun yang serius, lengkapi data termasuk foto/avatar. Jawab setiap pertanyaan dari
anggota forum dengan jawaban yang lengkap, buat mereka tidak perlu membaca
jawaban dari orang lain. Ulangi selama beberapa hari sampai anggota forum kenal
dengan anda. Setelah ini barulah anda bisa mulai sekali-sekali menaruh link
website. Banyak website yang sudah populer dulunya memanfaatkan forum dan situs
komunitas ketika baru memperkenalkan websitenya. Karena memang forum
merupakan tempat promosi yang paling mudah.
Meskipun demikian, jangan
sampai situs anda mendapatkan cap buruk dari situs komunitas karena dampaknya
akan terasa secara permanen.
10. Menggunakan jasa SEO, tapi..
Lho,
bukannya tadi saya bilang supaya tidak membeli link dan tidak menggunakan jasa
backlink? Memang kebanyakan yang mengaku sebagai “jasa SEO” hanya menjual
backlink. Parahnya backlink ini kualitasnya buruk dan didapatkan dengan spam. Perhatikan fakta ini: Semua
penjual backlink sadar bahwa link mereka berpotensi membawa resiko penalty.
Tapi mereka tidak akan memberitahu resikonya pada anda karena akan menurunkan
penjualan mereka. Jadi hati-hati dengan jasa backlink yang memberikan banyak
backlink sekaligus secara tidak natural. Tapi ada juga jasa SEO yang serius. Jasa
SEO ini biasanya tidak menjual puluhan, ratusan, atau ribuan backlink
melainkan optimasi menyeluruh mulai dari marketing dan publikasi secara online,
pembuatan konten, serta optimasi struktur halaman. Mereka tidak memberikan anda
backlink, tapi membuat website anda siap menerima backlink. Bahkan lebih dari
itu (karena termasuk pemasaran). Tips: kalau
website anda murni berupa blog, jasa SEO atau Inbound Marketing tidak terlalu
dibutuhkan. Yang memerlukan jasa seperti ini biasanya ecommerce, web penjualan
produk/layanan, startup, SaaS, aplikasi berbasis web, dsb. Sumber: http://panduanim.com/link-building/.