Cara sukses penjualan melalui website – Tidak dapat dipungkiri bahwa
sesungguhnya kita hidup di era yang sudah sangat maju dan memudahkan cara kita
berinteraksi dan bertransaksi. Dunia bagaikan sebuah desa yang dapat terhubung
satu dengan yang lainnya dalam hitungan detik. Kemajuan tersebut tentu telah
membawa manfaat dan keuntungan bagi kita. Terlebih bagi dunia bisnis. Website merupakan
salah satu toko online yang buka selama 24 jam, sehingga memungkinkan semua
orang dapat bertransaksi atau berjual beli selama 24 jam. Ini merupakan peluang
besar yang memiliki prospek bisnis yang menjanjikan. Bisnis yang dijalankan
melalui website harus dikelola secara baik, benar dan professional, agar bisnis
yang dijalankan mendapat omset yang tanpa batas. Cara sukses penjualan
melalui website menjadi solusi bagi para pebisnis online. Ini penting untuk
diketahui oleh semua bisnismen yang bergelut dan memasarkan produknya melalui website.
Lalu bagaimana cara sukses penjualan melalui website itu? Berikut beberapa
penjelasan yang bisa anda ikuti.
Gunakan
google adwords.
Apa
yang dimaksud dengan Google Adwords? Google Adwords adalah
sistem periklanan yang memudahkan pengguna internet menemukan Anda di mesin
pencarian (search engine) Google. Google Adwords memungkin website Anda ada di peringkat
atas pada halaman pencarian tersebut. Mengapa hal ini penting? Ini karena 80%
calon pelanggan Anda mencari informasi di sana dan jika website Anda berada di
peringkat atas, maka lebih mudah ditemukan.
Pahami
cara kerja iklan google adwords.
Bagaimana
cara kerja periklanan Google Adwords?
1. Google akan melakukan
analisa pada website Anda berdasarkan pada kata kunci yang Anda pilih untuk
menarik pelanggan potensial.
2. Google Adwords akan
membuat satu kampanye iklan dan menggunakan kata kunci yang Anda pilih.
3. Ketika pelanggan potesial
Anda memasukkan salah satu kata kunci, iklan Anda akan muncul
4. Ketika pengguna internet
klik iklan AdWords Anda, maka dia akan dihubungkan ke website Anda atau ke
halaman di mana Anda meletakkan penawaran Anda.
5. Selama masa kampanye iklan,
Anda bisa mengamati statistik AdWords Anda (jumlah klik, CTR, rata-rata CTR,
konversi dan lain-lain).
6. Berdasarkan hasil
kampanye yang terlihat dalam data statistik, Anda bisa melakukan modifikasi
untuk membuat iklan Anda lebih efektif dan menghasilkan konversi yang lebih
tinggi.
Ketahui
alasan anda menggunakan google adwords.
Mengapa
Anda Harus Menggunakan Google Adwords?
Tanpa Google Adwords untuk
membantu iklan Anda, akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan jumlah pengunjung
yang banyak ke website Anda. Jika website Anda tidak mendatangkan banyak
pengunjung, maka tidak banyak pula konversi yang akan terjadi. Jika website
Anda tidak menghasilkan konversi yang baik melalui website Anda, maka website
Anda memiliki efektivitas yang rendah.
Anda harus melakukan
evaluasi karena sebenarnya jumlah pengguna internet yang mengunjungi website
Anda dan kemudian tertarik untuk menjadi konsumen Anda adalah kunci kesuksesan
bisnis online.
Konversi
dan periklanan Google
Karena konversi adalah hal
penting yang ingin dicapai dalam sistem periklanan Google, maka Anda harus
mempersiapkan formulir kontak, halaman terima kasih (thank you page) dan kode
koversi. Periklanan Google Adwords menawarkan kesempatan baik untuk
meningkatkan kesempatan perusahaan Anda untuk memperluas usaha dan mengundang
lebih banyak pengunjung website (pelanggan potensial) ke website Anda. Konten
website dan desainnya adalah kunci penting untuk membuat pengunjung website
melakukan transaksi.
Dengan demikian, Anda harus
memperhatikan warna, navigasi yang mudah, callto action yang jelas, yang akan
membuat pengunjung untuk mengisi inquiry (formulir penawaran) ataupun
berlangganan newsletter, dan lain-lain.
Ketahui
maksud kode konversi.
Apa
yang dimaksud dengan kode konversi?
Kode konversi adalah kode
yang diletakkan pada elemen di mana konversi terjadi, contohnya pada thank you
page (halaman terima kasih) atau pada formulir lain. Kode konversi berfungsi
untuk menghitung jumlah pengunjung yang datang melalui klik iklan Google
Adwords yang akhirnya mengisi formulir atau melakukan transaksi online.
Mengerti
tentang conversion rate.
Apa
yang dimaksud dengan conversion rate (rata-rata konversi)?
Selama periode kampanye
iklan, Google Adwords akan mengukur konversi Anda (yang disebut conversion
rate) yang menunjukkan hubungan antara jumlah konversi dengan jumlah total
pengunjung website Anda. Covertion Rate tersebut tertulis dalam bentuk
persentase yang dihitung dengan rumus berikut ini: Semakin tinggi persentase
conversion rate, maka semakin tinggi tingkat kesuksesan kampanye iklan Anda.
Meskipun jumlah conversion yang terekam oleh Google tidak 100% tepat, namun
angka tersebut dapat Anda jadikan acuan untuk mengevaluasi kampanye iklan yang
Anda jalankan. Coba kita lihat contoh berikut ini: Seseorang klik iklan Google
Adwords Anda, lalu mengunjungi website Anda, tetapi karena sesuatu hal, dia
meninggalkan website Anda. Namun pada suatu saat dia kembali lagi ke website
Anda tanpa melalui klik iklan Adwords kemudian dia melakukan transaksi.
Statistik konversi ini tidak akan tercatat sebagai faktor dalam conversion rate
Anda.
Harus
menyediakan produk sesuai kebutuhan pasar.
Apakah
Anda menyediakan produk/layanan yang dicari pengunjung website Anda?
Banyak pengunjung website
meninggalkan website Anda tanpa melakukan transaksi atau kontak karena Anda
tidak menyediakan layanan yang mereka cari. Untuk mengatasi hal ini, pilihlah
kata kunci yang tepat sehingga pengunjung website yang terarah ke website Anda
adalah yang benar-benar mencari produk/layanan yang Anda tawarkan.
Jika Anda juga menggunakan
SEO (optimasi), maka sesuaikan konten website Anda agar membantu lebih banyak
orang menemukan website Anda dengan kata kunci yang tepat. Lakukan tes iklan
dan kata kunci Anda Google Adwords memperbolehkan Anda untuk membuat beberapa
variasi iklan, kata kunci dan landing page. Dengan demikian, Anda bisa
melakukan tes untuk mengetahui mana yang bisa memberikan Anda konversi yang
lebih banyak dan mengetahui mana yang bisa Mendatangkan pengunjung lebih
banyak. Baca juga resep yang ini: CARA MENDAPATKAN BACKLINK BERKUALITAS.